Belajar dan Terus Belajar

Materi Pembelajaran Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 6

 Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Semangat pagi semua ... salam sejahtera untuk kita semua

Anak-anaku yang cerdas ...

Kali ini kita akan belajar

Tema                             : 3 Tokoh dan Penemuan

Subtema                        : 1 Penemu yang Mengubah Dunia

Pembelajaran                : 5


Anak-anakku yang hebat ...

Sebelumnya kita sudah mempelajari beberapa teks yang berisi tentang tokoh-tokoh penemuan, ada Michael Faraday penemu listrik dan ada Thomas Alva Edison seorang penemu lampu pijar. Dengan adanya penemuan-penemuan tersebut membawa perubahan dunia yang berdampak terhadap sosial budaya kehidupan masyarakat.

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan ditemukannya listrik dan lampu pijar. Pada era sekarang ini hampir setiap orang menggunakan listrik dalam kehidupannya dan menjadi kebutuhan pokok. Padahal zaman dahulu orang-orang terbiasa hidup tanpa ada listrik dan lampu pijar. Perubahan inilah yang mempengaruhi kebiasaan masyarakat di bidang sosial budaya yang menjadi ketergantungan dan kebutuhan terhadap penemuan-penemuan dari para tokoh diatas.

Coba kita amati lingkungan sekitar kita, hampir semua perabotan, peralatan, dan pemenuhan kebutuhan manusia berhubungan dengan listrik. Seperti contohnya:

  1. Sebelum adanya listrik orang mencuci menggunakan tangan langsung, namun sekarang orang banyak mencuci menggunakan mesin cuci.
  2. Sebelum adanya listrik orang menyetrika menggunakan setrika arang, namun sekarang dengan adanya litrik banyak orang menyetrika menggunakan setrika listrik.
  3. Sebelum adanya lampu orang, kegiatan pekerjaan manusia banyak dilakukan pada siang hari, namun sekarang banyak orang bekerja di malam hari.
  4. Sebelum adanya listrik orang, orang berkomunikasi menggunakan kentongan, namun sekarang banyak menggunakan HP.
  5. Sebelum adanya listrik orang mengetik menggunakan mesik ketik, namun sekarang banyak orang mengetik menggunakan komputer/laptop.
  6. Sebelum adanya listrik orang memasak nasi menggunakan tunggu kayu, namun sekarang memasak nasi banyak menggunakan magicom.
Untuk memperjelas, mari kita simak video pembelajarannya:

Sumber: https://youtu.be/chtNilzCwZg

Masih banyak contoh-contoh lainnya dimana perkembangan tekhnologi mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat. Dimana tekhnologi-tekhnologi tersebut sangat membantu pekerjaan manusia. Kita patut bersyukur dipertemukan dengan zaman yang penuh dengan tekhnologi maju dan berterima kasih atas jasa-jasa dari para penemu tekhnologi sehingga kita dapat menikmatinya. Perlu kita meneladani sikap pantang menyerah yang dilakukan oleh para penemu yang mengubah dunia untuk menemukan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk kemaslahatan manusia.


Demikian materi pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan agar selalu semangat untuk terus belajar.

Terima kasih,

Wassalam



Share:

1 komentar:

Profilku

Foto saya
Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia

Popular Posts

Label

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.