Belajar dan Terus Belajar

Materi Pembelajaran Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 6

Assalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh

Semangat pagi anak-anakku yang hebat

Pembelajaran kita kali ini

Tema                 : 3 Tokoh dan Penemuan

Subtema            : 1 Penemu yang mengubah Dunia

Pembelajaran    : 3

Kali kita akan belajar menggali informasi dari sebuah teks eksplanasi ilmiah. Tentu kita akan mampu menggali informasi apabila kita mengerti apa itu teks eksplanasi ilmiah. Untuk itu mari kita baca dan simak teks berikut :


Sumber: Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Revisi 2018

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami apa pengertian teks eksplanasi, fungsi teks eksplanasi, dan bagian-bagian dari teks eksplanasi tersebut. Selain itu juga, teks eksplanasi terdapat ciri-ciri yang dapat kita cermati agar memudahkan kita untu memahaminya. Apa saja ciri-cirinya? Berikut ciri-ciri teks eksplanasi:
1. Memuat informasi faktual/fakta
2. Berisi tentang ilmu pengetahuan
3. Bersifat informatif tanpa berniat untuk mempengaruhi pembaca
4. Terdapat 3 bagian, a) pernyataan umum, b) deretan penjelas/eksplanasi, dan c) kesimpulan

Seperti halnya pada pembelajaran sebelumnya tentang Listrik, Mengubah Wajah Dunia merupakan contoh dari teks eksplanasi. Pada teks tersebut menjelaskan tentang fakta penemuan listrik hingga perkembangannya. Disana juga dijelaskan tentang manfaat listrik dan jenis rangkaian listrik. Tentu ini merupakan informasi yang nyata.

Seperti dijelaskan pada pertemuan sebelumnya bahwa rangkaian listrik ada 2 macam, yaitu:
1. rangkaian seri, dan
2. rangkaian paralel.

Apa itu rangkaian seri dan paralel?
Rangkaian seri adalah rangkaian listrik yang komponen disusun secara berderet melalui satu jalur aliran listrik. Seperti ini bentuk rangkaiannya:


Sedangkan rangkaian paralel merupakan rangkaian yang komponen disusun sejajar dimana terdapat lebih dari satu jalur listrik (bercabang) secara paralel. Sepert ini bentuk rangkaiannya:


Anak-anakku yang hebat ...setelah memahami penjelasan diatas, sekarang coba anak-anak menggambar rangkaian lampu seri sederhana. Setelah kalian gambar, lakukan percobaan untuk membuat rangkaian lampu seri tersebut. Jangan lupa tuliskan bahan dan alat, langkah kerja, dan kesimpulan. Buatlah seperti berikut:

Selamat mencoba ya ... 

Sebelum kita akhiri pembelajaran kita kali ini, untuk melihat daya serap pada materi pembelajaran yang Bapak sampaikan, sekarang mari kita bermain game berikut MAIN DISINI

Demikian materi pembelajaran kali ini semoga bermanfaat dan semangat untuk terus belajar.

Terima kasih
Wassalam





Share:

8 komentar:

Profilku

Foto saya
Musi Rawas, Sumatera Selatan, Indonesia

Popular Posts

Label

Recent Posts

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.